BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksut dengan Microsoft Word 2007 ?
2.      Bagaimana mengoprasikan fungsi-fungsi tombol dan simbol Microsoft Word 2007 ?
3.      Bagaimana pengaturan Microsoft Word 2007 ?
4.      Bagaimana mengoprasikan perintah cetak pada Microsoft Word 2007 ?

C.      Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui definisi Microsoft Word 2007.
2.      Untuk mengetahui bagaimana mengoprasikan fungsi-fungsi tombol dan simbol Microsoft word 2007.
3.      Untuk mengetahui bagaimana pengaturan Microsoft Word 2007.
4.      Untuk mengetahui bagaimana mengoprasikan perintah cetak pada Microsoft Word 2007.






BAB II
PEMBAHASAN
A.   Microsoft Word 2007
Microsoft Word 2007 adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata yang cukup popoler sekarang ini, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di dalam Microsoft Word 2007, software/aplikasi ini dibuat oleh Microsoft dan pertama diluncurkan pada tahun 2007 ini mengalami banyak perubahan dari versi yang sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003, banyak sekali perubahan yang terjadi pada versi ini diantaranya tampilan pada menubar, terdapattombol office button,ribbon,tab,dan lainya.
Pada pertama kali aplikasi pengolahan kata ini diluncurkan memiliki nama Multi-Tool Word yang diluncurkan pada tahun 1983 untuk sistem oprasi xenix, hingga tahun 1983 untuk sistem oprasi xenix, hingga tahun 1989 keatas aplikasi Microsoft Word ini akhirnya menjadi bagian dari Microsoft Office system dan di beri nama Microsoft Office Word hingga pada tahun 2007.
Aplikasi pengolahan kata ini sering digunakan untuk membuat laporan, makalah, buku, surat, tabel, dan lain-lainnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh aplikasi pengolahan kata ini, aplikasi Microsoft Word 2007 ini memiliki banyak fungsi seperti ketika kita membuat laporan dan ingin menggunakan fotur yang ada di dalam Microsoft Word 2007 atau kita dapat meghemat penggunaan kertas ketika ada laporan yang salah kita dapat melihat dan mngeditblaporan tersebut pada software Microsoft Word 2007 sebelum di cetak.
           
B.  Fungsi-fungsi Tombol dan Simbol Microsoft Word 2007
1)    Menu Home
No
Gambar
Nama
Fungsi/Keterangan
1
 
Paste
Untuk menempelkan hasil copy atau cut
2
 
Cut
Untuk memotong teks/objek terpilih
3
 
Copy
Untuk menggandakan teks/objek terpilih
4
 
Format Painter
Digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya
5
 
Font
Perintah untuk menentukan jenis font
6
 
Font Size
Perintah untuk menentukan ukuran font
7
 
Grow Font
Untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
8
 
Shrink Font
Untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
9
 
Clear Formatting
Untuk menghapus pemformatan teks terpilih
10
 
Bold
Perintah untuk menebalkan huruf
11
 
Italic
Untuk memiringkan Teks terpilih
12
 
Underline
Untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
13
 
Strikethrough
Memberikan tanda coret padateks terpilih
14
 
Subscript
Untuk mengetik karakter pemangkatan di bawah
15
 
Superscript
Untuk mengetik karakter pemangkatan di atas
16
 
Change Case
Untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
17
 
Highlight
Perintah untuk memberi warna arsiran pada teks
18
 
Font Colors
Perintah untuk memberi warna pada huruf
19
 
Bullets
Perintah untuk memberi bulet dan penomoran simbol
20
 
Numbering
Perintah untuk memberi penomoran
21
 
Increase Indent
Perintah untuk menggeser indentasi kekanan
22
 
DecreaseIndent
Perintah untuk menggeser indentasi kekiri
23
 
Sort
Untuk menyortir data
24
 
Show Paragraph Marks
Untuk menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraf
25
 
Align Left
Perintah untuk membuat teks rata kiri
26
 
Center
Perintah untuk membuat teks rata tengah
27
 
Align Text Right
Perintah untuk membuat teks rata kanan
28
 
Justify
Perintah untuk memberi teks rata kiri dan kanan
29
 
Line Spacing
Untuk mengatur jarak antar baris teks
30
 
Shading
Untuk mengatur warna latar teks terpilih
31
Bottom Border
Untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
32
 
Find
Untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu dalam suatu file
33
 
Replace
Untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
34
 
Select
Digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

2)    Menu Insert
No
Gambar
Nama
Fungsi/Keterangan
35
 
Cover Page
Untuk menyisipkan sampul halaman yang terformat
36
 
Blank Page
Untuk menyisipkan sebuah halaman baru
37
 
Page Break
Memulai halaman selanjutnya pada posisi saat ini
38
 
Table
Untuk membuat tabel
39
 
Picture
Untuk menyisipkan gambar ke dalam dokumen
40
 
Clip Art
Menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat
41
 
Shapes
Untuk membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
42
 
SmartArt
Untuk menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
43
 
Chart
Untuk membuat diagram
44
 
Hyperlink
Menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
45
 
Bookmark
Digunakan untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen
46
 
Cross Reference
Digunakan untuk menyisipkanfootnote,caption, cross reference, dan indeks
47
 
Header
Untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
48
 
Footer
Untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
49
 
Page Number
Untuk menyisipkan nomor halaman ke dokumen
50
 
Text Box
Digunakan untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen
51
 
Quick Parts
Untuk menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
52
 
Word Art
Untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
53
 
Drop Cap
Menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraf
54
 
Signature Line
Menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
55
 
Date & Time
Digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif
56
 
Object
Digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
57
 
Equation
Untuk membuat format matematika
58
 
Symbol
Digunakan untuk penyisipan simbol-simbol khusus

3)    Page Layout
No
Gambar
Nama
Fungsi/Keterangan
59
 
Themes
Untuk mengatur tema
60
 
Theme Color
Untuk mengubah warna tema
61
 
Theme Font
Untuk mengubah tulisan tema
62
 
Theme Effects
Untuk membuat bermacam – macam tema
63
 
Margin
Untuk memilih ukuran margin untuk seluruh dokumen
64
 
Orientation
Untuk beralih halaman antara layout potret dan landscape
65
 
Size
Untuk memilih ukuran kertas untuk bagian yang terpilih
66
 
Columns
Untuk mensplit teks ke dalam atau lebih kolom
67
 
Page Breaks
Untuk menambah halaman istirahat bagian dan kolom untuk dokumen
68
 
Line Number
Untuk menambah nomor baris di margin di samping dari setiap baris di dokumen
69
 
Hyphenation
Untuk pergantian hypenation yang memungkinkan kata untuk memisahkan antara baris suku kata
70
 
Watermark
Untuk menyisipkan teks di balik isi halaman
71
 
Page Color
Untuk membuat halaman berwarna
72
 
Page Borders
Untuk menambah perubahan perbatasan di sekitar halaman
73
 
Indent
Digunakan untuk mengatur batas teks
74
 
Spacing
Digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf
75
 
Position
Digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
76
 
Bring Forward
Digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
77
 
Send Backward
Digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
78
 
Text Wrapping
Digunakan untuk mengatur aliran teks diantara gambar
79
 
Align
Digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
80
 
Group
Digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
81
 
Rotate
Digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

4)    References
No
Gambar
Nama
Fungsi/Keterangan
82
 
Table of Contents
Digunakan untuk pengelolaan daftar isi
83
 
Add Text
Digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
84
 
Update Table
Digunakan untuk memperbarui daftar isi
85
 
Insert Footnote
Digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
86
 
Insert Endnote
Digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
87
 
Next Footnote
Berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
88
 
Ico Show Note
Digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
89
 
Manage Sources
Digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
90
 
Style
Berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
91
 
Bibliography
Digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif
92
 
Insert Caption
Digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
93
 
Mark Entry
Digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen

5)    Mailings
94
 
Envelopes
Membuat dan mencetak amplop
95
 
Labels
Membuat dan mencetak label
96
 
Start Mail Merge
Memulai mail merge untuk membuat surat formulir yang yang berniat untuk dicetak atau e-mail ganda dan mengirim setiap salinan ke penerima yang berbeda
97
 
Select Recipients
Memilih daftar orang yang ingin dikirim surat

6)    Office button
98
 
Brightness
Untuk mengatur gelap terangnya suatu gambar
99
 
Contrast
Untuk mengatur kekontrasan suatu gambar
100
 
Crop
Memotong dan memindahkan gambar ke bagian yang diinginkan


7)    Quick Acces Toolbar
Gambar
Nama
Fungsi/Keterangan
 
New
membuat lembar kerja/ slide baru
 
Open
membuka dokumen yang pernah disimpan
 
Save
menyimpan dokumen dengan nama sama
 
Print
mencetak dokumen
Close
menutup lembar kerja


C. Pengaturan Microsoft Word 2007

1.      Merubah Ukuran Margin dan Kertas Halaman Dokumen
Untuk merubah jenis kertas/paper yang digunakan, anda bisa memilih tab page layout klik margins Ubahlah sesuai dengan panduan penulisan yang diberikan oleh lembaga pendidikan tempat dimana anda bernaung. Biasanya untuk kiri/left dan top/atas adalah 4 cm, sedangkan kanan/right dan bawah/bottom adalah 3 cm.
Setelah margins dirubah, pilih paper, bisa menggunakan letter (kuarto), A4 dan Legal(HVS Panjang). Silahkan pilih sesuai dengan instruksi panduan yang anda terima.
Untuk ukuran legal, silahkan anda rubah dulu ukuran defaultnya, yaitu height/tinggi dari 35,56 cm menjadi 33 cm (custom margin)  dengan cara mengetik/menuliskannya langsung ke bagian tersebut. Mengapa? Karena kalau anda ukur menggunakan penggaris biasa, ukuran legal (F4) yang ada, memang hanya 33 cm lebih.


Langkah-langkah :
Ø  Pada tab Page Layout, grup Page Setup, klik Margins dan kemudian pilih Custom Margins.



Ø  Pada kotak dialog Page Setup, tab Margins, isi margin untuk kiri (Left), kanan (Right), atas (Top), dan bawah (Bottom).
Ø  Klik OK untuk menutup kotak dialog.

Pada cara di atas, margin menggunakan satuan inci. Untuk menggantinya ke satuan yang lain, misalnya centimeter (cm), ikuti langkah-langkah berikut:



Bila Anda menggunakan:
Ø  Word 2007: Klik tombol Microsoft Office Button   atau tekan Alt + F + I untuk menampilkan kotak dialog Word Options.
Ø  Word 2010 dan 2013: Klik File tab dan klik Options.
Ø  Klik Advanced dan scroll ke bawah sampai ke bagian Display.
Ø  Di bagian Show measurements in units of, pilih centimeters.



Ø  Klik OK. Selanjutnya ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatur ukuran margin.

Tip:
Ikuti cara berikut untuk menjadikan margin yang dibuat sebagai default margin.
Langkah-langkah:
Ø  Pada tab Page Layout, grup Page Setup, klik Margins dan kemudian pilih Custom Margins.

Ø  Pada kotak dialog Page Setup, tab Margins, atur ukuran margin.
Ø  Kemudian klik tombol Set As Default. Klik Yes untuk konfirmasi. Default margin yang baru ini akan disimpan pada template dan berlaku untuk setiap dokumen baru Microsoft Word.
Ø  Klik OK untuk menutup kotak dialog.


2.      Merubah Ukuran Spasi (Jarak Baris Tulisan) dan Paragraf
Untuk merubah spasi klik tab Home, lalu klik icon line spacing, seperti gambar berikut:

Untuk pembuatan skripsi, makalah spasi yang digunakan umumnya 1 (satu spasi), 1,5 (satu setengah spasi) dan 2 (dua spasi) sedangkan untuk jurnal kebanyakan spasinya adalah 1. Yang harus perhatikan, setelah merubah spasi, jangan lupa untuk mengklik Remove Space After Paragrah, agar tidak ada jarak setelah paragrah.
Selain menggunakan icon line spasing, anda bisa menggunakan keyboard dengan menekan kombinasi CTRL dan angka secara bersamaan untuk pengaturan spasi pada microsoft word. Contoh:
Ø  CTRL + 1 : digunakan untuk membuat jarak tulisan (spasi) sama dengan 1
Ø  CTRL + 2: digunakan untuk membuat spasi sama dengan 2
Ø  CTRL + 5 : digunakan untuk membuat spasi sama dengan 1,5 (satu setengah spasi).
3.      Mengatur Font (Huruf), Size dan Perataan Teks (Aligentment)
Untuk jenis font/huruf yang digunakan, paling banyak kita temukan semua panduan menggunakan huruf times new roman dan arial, untuk merubahnya, bila huruf di microsoft word anda defaultnya menggunakan calibri, silahkan ke tab home dan rubah ke times new roman atau arial.
Disebelah huruf, ada ukuran besarnya huruf (size) yang bisa anda rubah. Umumnya ukuran huruf adalah 12 untuk isi, sedangkan untuk judul/cover adalah 14.
Perataan teks yang digunakan adalah justify atau perataan teks kanan kiri, untuk itu anda bisa menggunakan keyboard dengan menekan Ctrl dan huruf J berbarengan. Selain cara tersebut, anda bisa menggunakan icon perataan teks, seperti gambar berikut.






Keterangan icon di atas, dimulai dari kiri:
Ø  Perataan teks kiri/left, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan L berbarengan.
Ø  Perataan teks tengah/center, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan E berbarengan.
Ø  Perataan teks kanan/right, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan R berbarengan.
Ø  Perataan teks rata kanan kiri/justify, perataan teks yang paling banyak digunakan dalam penulisan, baik itu skripsi, makalah, jurnal, thesis dan sebagainya. Cara penggunaanya bisa dengan mengclik icon diatas, atau menekan berbarengan CTRL dan J pada keyboard laptop atau PC.
Point atau pengaturan penulisan menggunakan microsoft word di atas, merupakan pengaturan-pengaturan penting yang harus anda kuasai dalam pembuatan makalah, skripsi, thesis ataupun jurnal.
4.      Cara Membuat Tabel
Ø  klik menu ribbon Insert – Table kemudian gerakkan kursor sesuai dengan jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan.
Ø  Setiap kali mengklik area tabel maka ribbon akan berubah secara otomatis ke area  Design seperti yang saya tunjukkan di gambar ini. Di menu ribbon Design inilah dapat mengubah bentuk, warna, termasuk menghapus dan menggambar tabel baru.
Ø  Memberi warna pada baris atau kolom tertentu. Tandai dahulu kolom atau baris yang hendak diberi warna. Kemudian dengan posisi masih di menu Design ,  klik Shading dan pilih warna sesuai selera.




Ø  Hasilnya seperti ini.
Ø Kemudian jika karena suatu sebab tiba-tiba tabel menjadi tidak rapi seperti ini, bagaimana solusinya?
Ø  Arahkan kursor ke sudut paling kiri sampai ada tanda plus seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik kanan dan temukan menu Distribute Columns Evenly dan lihat hasilnya. Tabel akan kembali rata dan rapi.
Ø  jika ingin menambah kolom baru itu juga sangat mungkin dilakukan. Letakkan kursor di sisi paling kanan atau di posisi yang di inginkan tambahkan kolom baru. Boleh di awal atau di tengah. Kemudian klik kanan – Insert dan klik Insert Columns to the Right atau pilih menu lain sesuai orientasi yang diinginkan. Opsi untuk penambahan kolom di sebelah kanan, jika ingin menambah di sebelah kiri, bisa memilih Insert Columns to the left. Sedangkan untuk menambah baris silahkan pilih Insert Rows Above (atas) atau Insert Rows Below (bawah).
 

Ø  Kolom baru berhasil ditambahkan.
 


D. Mencetak dokumen Microsoft Word 2007

1.    Menampilkan Dokumen Sebelum di cetak
            Sebelum mencetak, ada baiknya kita mengetahiu terlebih dahulu guna memastikan bahwa hasil cetakanya nanti sesuai dengan yang diinginkan. Kita dapat menggunakan Print Preview, untuk menmpilkan seluruh halaman,satu,dua atau beberapa halaman. Langkah-langkahnya adalah :
Ø  Buka dokumen yang akan di print
Ø   Klik tombol Microsoft Office Button



Ø  Pilih tombol Print kemudian pilih dan klik tombol Print Preview
Ø  Selanjutnya tampilan akan seperti berikut ini
Tampilan
2.  Mencetak dokumen
            Setelah memastikan bahwa dokumen yang telah kamu kerjakan sudah benar,selanjutnya kamu dapat mencetaknya ke dalam kertas dengan menggunakan printer.
     Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1.      Buka dokumen yang akan diprint
2.      Klik tombol Microsoft Office Button
3.      Pilih tombol Print kemudian pilih dan klik tombol Print (Ctrl + P)
4.      Lakukan pengaturan sesuai dengan printer yang kamu miliki pada kotak dialog print
5.      Kemudian akan tampil kotak dialog Print. Tentukan setting percetakan sebagai brikut :
a.       Print, Name : untuk menentukan nama printer pencetak yang digunakan
b.      Page Range : halaman yang akan dicetak
c.       All  :  semua halaman
d.      Current page : halaman yang aktif
6.      Pages  :  nomor-nomor halaman tertentu yang dicetak
a.       Satu (1) :  mencetak halaman 1
b.      2, 7 :  mencetak halaman 2 dan 7
c.       5-20 : mencetak halaman 5 sampai dengan 20
7.      Print What : untuk menentukan apa yang akan di cetak
8.      Print  :  pilihan halaman yang akan dicetak
    a. All Pages In Range : semua halaman
    b. Odd Pages  :  halaman-halaman nomor ganjil
    c. Even Pages  : halaman-halaman nomor genap
    d. Number of Copies : rangkap catak
9.      Akhiri dengan menekan OK, untuk memulai mencetak ke kertas.


























BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Microsoft Word 2007 adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata yang cukup popoler sekarang ini, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di dalam Microsoft Word 2007, software/aplikasi ini dibuat oleh Microsoft dan pertama diluncurkan pada tahun 2007 ini mengalami banyak perubahan dari versi yang sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003, banyak sekali perubahan yang terjadi pada versi ini diantaranya tampilan pada menubar, terdapat tombol office button,ribbon,tab,dan lainya.
Aplikasi pengolahan kata ini sering digunakan untuk membuat laporan, makalah, buku, surat, tabel, dan lain-lainnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh aplikasi pengolahan kata ini, aplikasi Microsoft Word 2007 ini memiliki banyak fungsi seperti ketika kita membuat laporan dan ingin menggunakan fotur yang ada di dalam Microsoft Word 2007 atau kita dapat meghemat penggunaan kertas ketika ada laporan yang salah kita dapat melihat dan mngeditblaporan tersebut pada software Microsoft Word 2007 sebelum di cetak.


B.   Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu computer yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis  merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu computer dan Ms. Word.


DAFTAR PUSTAKA

http ://tri-irawanto.blogspot.com / 2012/11/makalah-microsoft-office word.html
http ://arfanpkc.blogspot.com / 2012/11/makalah-makalah-microsoft-office.html
http ://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft 4.html
http ://readdanerayhan.blogspot.com / 2011/01/21/makalah-microsoft-office-word.html
http ://tyaeducationcomputer.blogspot.com / 2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http ://docs.google.com / document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini